Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:13 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Evaluasi Kurikulum Multidimensi untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi  
Oleh: Hutahaean, Berman
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 33 no. 2 (May 2014), page 170-185.
Topik: evaluasi; kurikulum; kompetensi; multidimensi; dan komprehensif
Fulltext: 2145-5948-1-PB.pdf (249.08KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model evaluasi kurikulum multidimensi (EKM) untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Politeknik dari enam dimensi evaluasi; mengetahui strategi penerapannya; menghasilkan program aplikasinya dengan komputer; dan mengetahui keunggulan dan keterbatasannya. Metode penelitian yang digunakan untuk menjaring data sesuai permasalahan dan tujuan penelitian adalah survei, studi kepustakaan, dan metode Delphi yang dimodifikasi. Temuan Penelitian, dihasilkan suatu model evaluasi kurikulum multidimensi (EKM) yang komprehensif yang sesuai untuk KBK, sesuai dengan sistem pendidikan Politeknik, dan dapat digunakan di Politeknik. Model EKM ini dikembangkan dari model CIPP menjadi enam dimensi evaluasi dalam satu siklus evaluasi yang bertujuan untuk menyediakan informasi sebagai alternatif penentuan keputusan untuk perbaikan kurikulum. Penerapannya dimulai dari dimensi evaluasi: konteks dan kebutuhan, desain, implementasi, hasil, dampak, sampai evaluasi terhadap evaluasi kurikulum. Dihasilkan suatu program EKM dengan menggunakan komputer.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)