Anda belum login :: 26 Nov 2024 12:36 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Instrumen Asesmen Diri dan Teman Sejawat Kompetensi Bidang Studi Pada Mahasiswa  
Oleh: Wijayanti, Enny ; Mundilarto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 2 (Oct. 2015), page 129-144.
Topik: asesmen diri dan asesmen teman sejawat; kompetensi fisika
Fulltext: 5572-14530-1-PB.pdf (584.59KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan konstruk instrumen asesmen diri (ADM) dan asesmen teman sejawat (ATS) sebagai pelengkap asesmen formatif, (2) mengetahui karakteristik ADM dan ATS, (3) mengetahui efektivitas ADM & ATS, dan (4) mengetahui kebermanfaatan ADM & ATS yang digunakan sebagai pelengkap asesmen formatif. Prosedur pengembangan meliputi dua tahap, yaitu pengembangan dan validasi, mengacu pada model pengembangan Cennamo dan Kalk dengan lima fase pengembangan, yaitu define, design, demonstrate, develop dan deliver. Content validity dibuktikan melalui expert judgment dianalisis dengan coefficient Aiken dan focus group discussion dan teknik Delphi. Validitas konstruk dibuktikan dengan program SmartPLS. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester enam Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) instrumen ADM dan ATS mengukur konstruk yang sama pada kompetensi fisika, hasil uji kecocokan model nilai GFI sebesar 0,994, dan SRMR sebesar 0,062 menunjukkan model fit yang baik, (2) karakteristik instrumen mencakup validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda termasuk kategori baik, (3) ADM dan ATS terbukti cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar, (4) ADM dan ATS sangat bermanfaat sebagai umpan balik terhadap proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.65625 second(s)