Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendidikan Ips Sebagai “Synthetic Discipline”: Kajian Epistemologis atas Pemikiran Nu’man Somantri
Oleh:
Farisi, Mohammad Imam
;
Malik, Abdul
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 1 (Feb. 2015)
,
page 128-139.
Topik:
epistemologi
;
pendidikan IPS
;
synthetic discipline
Fulltext:
4183-10834-1-PB.pdf
(92.46KB)
Isi artikel
Pemikiran seorang atau kelompok pakar merupakan bagian integral dalam dinamika sebuah disiplin ilmu, dan kajian terhadapnya telah menjadi concern dalam berbagai disiplin ilmu. Penelitian ini mengkaji secara epistemologis pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai ‘synthetic discipline’. Penelitian bersifat kualitatif-interpretif dan menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan teknik anotasi bibliografis dan reviu literatur serta dianalisis dengan teknik analisis konten kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara epistemologis, PIPS dalam pemikiran Somantri dikonseptualisasi sebagai sebuah disiplin ilmu (DPIPS) dan program pendidikan disiplin ilmu (PDIPS) terintegrasi, hasil rekayasa sinergistis dari dua atau lebih disiplin ilmu yang setara untuk tujuan PIPS. PIPS sebagai disiplin ilmu terintegrasi adalah identitas, jati-diri, ciri khas, dan faculty culture FPIPS dan pascasarjana PIPS. PIPS sebagai DPIPS memiliki status akademik sebagai advance knowledge, middle studies, dan primary structure. PIPS sebagai program PDIPS memiliki status akademik sebagai PDIPS untuk jenjang pendidikan tinggi, dan PDIPS untuk jenjang pendidikan sekolah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)