Anda belum login :: 23 Nov 2024 17:42 WIB
Detail
ArtikelMakna Kerja Bagi Pengusaha Kecil Muslim di Tengah Perkembangan Bisnis Kuliner  
Oleh: Djakfar, Muhammad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Al-Hikmah Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial vol. 10 no. 2 (Dec. 2015)
Topik: Makna Kerja; Usaha Kecil Muslim; Strategi Pemasaran Pembinaan; Sumber Daya Manusia
Fulltext: 736-1131-1-PB.pdf (406.14KB)
Isi artikelKehadiran usaha menengah kecil (UMK) jelas merupakan sebuah keniscayaan untuk menyangga kekuatan ekonomi dalam sebuah negara, tanpa kecuali bagi Indonesia. Betapa banyak tenaga kerja yang terserap unit usaha ini sehingga keberadaannya menjadi stabilisator dan dinamisator, baik di saat perekonomian negara dalam kondisi stabil maupun emergensi. Penelitian ini ingin memahami makna kerja bagi pengusaha kecil Muslim dan apa saja motif mereka dalam membangun usaha. Selain juga ingin memahami bagaimana strategi pemasaran dan pembinaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, tepatnya fenomenologi. Sedangkan teknik penggalian data digunakan interview mendalam, observasi terlibat, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif mereka dalam membangun usaha adalah karena faktor spiritualitas dan hobbi. Strategi pemasaran dilakukan melalui iklan, keikutsertaan dalam forum ilmiah, dan pembukaan cabang baru. Pembinaan karyawan dilakukan dengan perlakuan secara manusiawi dengan akhlak terpuji, sedangkan kerja bagi pelaku dimaknai sebagai media ibadah, ekonomi, silaturrahim, pendidikan, dan dakwah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)