Secara umum, materi pembahasan skipsi ini merupakan penelitian mengenai system penjualan tiket pada PT Smailing Tour & Travel. Dengan mempelajari data mengenai PT Smailing Tour & Travel, dan dengan berpegang pada teori yang ada, penulis berupaya untuk mengevaluasi sistem penjualan tiket yang diterapkan oleh perusahaan, sehingga jika terdapat kelemahan dapat segera disampaikan kepada manajemen untuk ditanggulangi, berikut saran perbaikan yang diperlukan sebagai bahan masukan dari penulis. Untuk menunjang kesimpulan yang diambil berikut saran yang diberikan, penulis mengadakan studi pustaka, yaitu dengan melakukan penelitian terhadap data-data yang bersifat teoritis mengenai materi yang akan dibahas dengan membaca literatur-literatur yang relevan; dan studi lapangan, yaitu dengan mengadakan kunjungan ke tokasi PT Smailing Tour & Travel untuk melakukan wawancara, observasi, dan record review. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis, diperoleh suatu kesimpulan bahwa system penjualan tiket pada PT Smailing Tour & Travel sudah cukup memadai, walaupun belum optimal. Hal ini terlihat dari beberapa kelemahan yang ada dalam hal unit organisasi terkait, media pencatatan, dan prosedur penjualan. Penulis mencoba untuk memberikan beberapa saran dan masukan mengenai keunggulan yang harus dipertahankan, dan kelemahan yang hams segera diperbaiki. Dengan diterapkannya sistem penjualan tiket yang efisien dan efektif diharapkan perusahaan dapat terus bertahan dan berkembang di tengah situasi perekonomian yang tidak kondusif dewasa ini. |