Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perilaku Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Prestasi Akademik di Perguruan TInggi Swasta Kota Palembang
Oleh:
Sabrina, Nina
;
Welly
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Keuangan dan Bisnis vol. 12 no. 2 (Oct. 2014)
,
page 1-30.
Topik:
Perilaku Belajar
;
Prestasi Akademik
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ148
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini membahas perilaku belajar mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang dan besarnya pengaruh perilaku belajar terhadap prestasi akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku belajar mahasiswa akuntansi, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut. Teknik analisis yang digunakan deskriptif, yang bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai perilaku belajar terhadap prestasi akademik. Pengukuran variabel dengan menggunakan skala likert lima poin. Alat analisis menggunakan bantuan SPSS versi 19. Populasi yang digunakan 9 Perguruan Tinggi di Kota Palembang dengan populasi sebanyak 4.091 mahasiswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 365 mahasiswa, dan data yang diolah sebanyak 362. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode proportionate random sampling. Hasil pengolahan data dan analisis diperoleh hasil sebagai berikut, secara serentak variabel kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku teks, kebiasaan berkunjung ke perpustakaan dan kebiasaan menghadapi ujian berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa akuntansi. Secara parsial terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan yaitu kebiasaan membaca buku teks dan kebiasaan menghadapi ujian, sedangkan variabel kebiasaan mengikuti pelajaran dan berkunjung ke perpustakaan tidak berpengaruh terhadap indeks prestasi mahasiswa akuntansi. Besarnya pengaruh variabel kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku teks, kebiasaan berkunjung ke perpustakaan dan kebiasaan menghadapi ujian sebesar 26%, sedangkan sisanya 74% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.046875 second(s)