1. Perkembangan teknologi komputer, telekomunkasi dan informasi menimbulkan ide untuk memecahkan masalah dalam pengolahan data dan informasi perbankan yang berjumlah l.k. 240 Kantor Pusat dan lebih dari 7000 Kantor Cabang Bank-bank secara lebih cepat dan sistematis. 2. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kemudian didirikan PT. Linasindo pada tahun 1986 oleh para pendirinya, ialah PT. Indosat, PT. Telkom, Yayasan Dana Pensiun Bank Indonesia, Yayasan Dana Pensiun Bank-bank Pemerintah, Perbanas, dan sebagian kecil oleh pihak lain. 3. Adapun produk yang dijual oleh PT. Linasindo berupa pengolahan Laporan Mingguan, Laporan Bulanan Bank-bank, Pusat Informasi 4. Pasar Uang ( PIPU ), jasa ATM, On-Line Access ( IdoLA ), SJKD-SL, SJKD-SDL, SJKD-Frame Relay, SJKD-VSAT, VSAT-net, VSAT-link, dan lainnya. 5. Yang menarik perhatian terhadap perusahaan tersebut, ialah ternyata kinerjanya tetap bagus dan tetap profitable walaupun dalam keadaan krisis, padahal perusahaan sejenisnya mengalami kesulitan. Oleh karena itu perlu diteliti dimana letak suksesnya, salah satunya adalah masalah marketing, dan karenanya saya tuangkan dalam skripsi yang berjudul “KEBIJAKAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT. LINASINDO” 6. Dari penelitian dapat diketahui bahwa sesungguhnya kebijakan produk tidak begitu berpengaruh terhadap hasil penjualan secara keseluruhan, karena produk yang dijual didominasi oleh produk-produk yang dijual ke dunia perbankan dan keuangan, yang produknya relatif tidak banyak mengalami perubahan. Adapun kebijakan produk tersebut berpengaruh pada penjualan jenis produk-produk lain (antara lain IdoLA, VSAT-Net) yang perannya kecil dalam penjualan. |