Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:43 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Daya Saing Siswa Menengah Kejuruan Swasta melalui Pelatihan Regulasi Diri  
Oleh: Sakti, Hastaning ; Ariati, Jati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 41 no. 1 (Jun. 2014), page 89 – 100.
Topik: regulasi diri; daya saing; sekolah menengah kejuruan; randomized pre-test post-test control group design; self regulation; competitiveness; vocational school; randomized pre-test post-test control group design
Fulltext: 6960-12205-1-PB_Ros.pdf (592.2KB)
Isi artikelTujuan dari penelitian ini adalah mendesain pelatihan regulasi diri sebagai usaha meningkatkan daya saing siswa. 147 siswa dari dua sekolah menengah kejuruan swasta menjadi subjek. Desain penelitian menggunakan pre test-post test control group design dengan di setiap sekolah terdiri dari kelompok eksperimen (mendapat pelatihan regulasi diri) dan kelompok kontrol (mendapat pelatihan konsep diri). Manipulasi dilakukan selama enam kali dengan kehadiran dua observer di setiap perlakuan. T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan daya saing di setiap kelompok eksperimental SMK PL: sebelum (M=89.93, SD=7.681), sesudah (M=92.16, SD=7.278) t(43)=-2.185, p<.05. SMK TU: sebelum (M=90.62, SD=7.206), sesudah (M=94.03, SD=7.962) t(31)=-2.381, p<.05, demikian juga di setiap kelompok kontrol. Namun tidak ada perbedaan daya saing antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di setiap sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)