Dalam strategi promosi diperlukan komunikasi dengan perantaranya, pelanggan dan publik yang efektif, di samping itu diperlukan kiat-kiat dalam promosi yang dikenal dengan bauran pemasaran yang terdiri dari : periklanan, promosi penjualan, penjuaian personal dan hubungan masyarakat / publisitas. Dalam rangka memperkenalkan dan memasarkan produk yang dihasilkan, perusahaan menggunakan sarana promosi dalam kegiatan pemasarannya. Dengan promosi konsumen dapat mengetahui adanya suatu jenis produk dan suatu merk dari berbagai merk dari produk yang sama. Bagi perusahaan dapat mendorong dan membujuk konsumen agar mereka mau mencoba produk yang mereka tawarkan sehingga diharapkan mereka menjadi pelanggan yang loyal. Di samping itu promosi mempunyai arti penting memposisikan produk di benak konsumen dengan tujuan agar konsumen mengingat produk kita. Dalam skripsi ini penulis mencoba menganalisa bagaimana peranan promosi terhadap penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan perusahaan dan berdasarkan analisa penulis ternyata dapat diketahui bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. MAYERTEX INDONESIA, kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan adalah periklanan, promosi, penjualan dan hubungan masyarakat / publisitas. Dari hasil penelitian dengan asumsi dan telah dibuktikan bahwa promosi mempunyai dampak yang cukup kuat terhadap penjualan sebesar r = 0,93 atau 93%. |