Kegiatan motivasi merupakan suatu kegiatan yang dapat mendorong untuk meningkatkan semangat kerja para karyawan, dalam peningkatan penjualan produk alat pemadam kebakaran di PT. ERINDO MEGAH PRIMA. Dan kegiatan motivasi tersebut dipergunakan untuk menimbulkan upaya, tujuan organisasi, dan kebutuhan. Dimana unsur "upaya",tersebut merupakan ukuran intensitas, maksudnya bila seseorang termotivasi maka ia akan mencoba sekuat tenaga dan pikirannya untuk mencapai suatu keinginan yang bermanfaat bagi organisasi itu. Didalam melakukan kegiatan motivasi PT. ERINDO MEGAH PRIMA, menerapkan beberapa teori motivasi yang dapat meningkatkan kinerja karyawan serta meningkatkan hasil penjualannya. Sehingga dapat terlihat antara motivasi dengan semangat kerja karyawan sangat berkaitan erat. Apabila motivasi tersebut dilakukan secara efektif dan efisien di dalam perusahaan, maka semangat kerja karyawan relatif tinggi. Dan bila motivasi tersebut dilakukan kurang efektif dan kurang efisien, maka semangat kerja karyawan relatif rendah. Analisa data penjualan alat pemadam kebakaran tersebut dari tahun 1997-1999 menunjukan adanya penurunan. Hal ini disebabkan karena pengaruh krisis moneter yang terjadi sejak pertengahan Juni tahun 1997 yang mempengaruhi tingkat penjualan terhadap biaya promosi. Bila dilihat dalam penyimpangan anggaran promosi maka PT. ERINDO MEGAH PRIMA mengalami penurunan yang disebabkan terpuruknya nilai dan inflasi yang berkepanjangan. Kesemuanya diatas sangat mempengaruhi daya beli serta pola konsumsi dan diluar kemampuan pengendalian perusahaan. |