Promosi merupakan salah satu unsur dan bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan dan mengingatkan konsumen terhadap produknya, baik itu berupa barang atau jasa. Promosi yang dilakukan oleh PT.PANDU SIWI SENTOSA berupa Periklanan, Promosi Penjualan dan Penjualan perseorangan sangatlah penting didalam membantu untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan promosi tersebut mengakibatkan persentase penjualan yang diikuti dengan kenaikan persentase biaya promosi perusahaan, akan tetapi kenaikan persentase biaya promosi tersebut memberikan profit yang lebih besar terhadap perusahaan dibandingkan perusahaan sebelum melakukan promosi. Dalam hal ini penulis ingin melihat sampai sejauh mana pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan, oleh karena itu penulis menggunakan analisis korelasi yaitu perhitungan statistik yang menyatakan hubungan linear antara dua variabel, sehingga bisa didapat hubungan kedua variabel tersebut kuat atau tidak. dan analisis determinasi yang menyatakan seberapa besar pengaruh yang disumbangkan promosi terhadap peningkatan hasil penjualan. Setelah mengadakan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara biaya promosi dengan hasil penjualan jasa PT.PANDU SIWI SENTOSA dimana ada atau tidaknya biaya promosi akan mempengaruhi besar kecilnya hasil penjualan, serta besarnya peranan promosi dalam peningkatan hasil penjualan. |