Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:48 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Bahan Ajar Biologi Konservasi Berbasis Etnopedagogi  
Oleh: Leksono, Suroso Mukti ; Syachruroji, A. ; Marianingsih, Pipit
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 2 (Nov. 2015), page 168-183.
Topik: biodiversitas; etnopedagogi; kearifan lokal; konservasi
Fulltext: 7494-19179_her.pdf (1.96MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mengekplorasi kearifan lokal di Banten untuk pengembangan bahan ajar biologi konservasi berbasis etnopedagogi. Metode R&D digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Ditemukan tiga konsep kearifan lokal yang dapat digunakan untuk konten pembelajaran biologi konservasi yaitu (1) konsep pembagian lansekap untuk pembelajaran konsep biodiversitas tingkat ekosistem; (2) pemanfaatan spesies untuk kehidupan seharai-hari untuk konsep biodiversitas tingkat spesies; (3) kearifan dalam menanam padi lokal untuk konsep biodiversitas pada tingkat genetika. Konten-konten tersebut selanjutnya dikembangkan untuk bahan ajar biologi konservasi dengan tujuan untuk mengembangkan literasi konservasi. Prinsip-prinsip yang dikembangkan dalam bahan ajar tersebut meliputi tujuan; nilai-nilai; konsep; ancaman dan tindakan konservasi terhadap biodiversitas. Hasil validasi ahli tentang kemampuan penyajian, materi dan penggunaan bahasa dalam bahan ajar menunjukkan hasil yang baik dan layak digunakan, sedangkan uji coba keterbacaan menunjukkan hasil bahwa bahan ajar tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi, meningkatkan keterampilan proses biodiversitas dan kepedulian terhadap lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)