Anda belum login :: 26 Nov 2024 18:15 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Metode Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP  
Oleh: Ginanjar, Agi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 2 (Nov. 2015), page 123-129.
Topik: metode inkuiri; motivasi belajar siswa
Fulltext: 7489-19159_her.pdf (415.29KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang belajar melalui metode pembelajaran inkuiri dan kelompok siswa yang belajar melalui metode pembelajaran langsung, dan 2) interaksi antara metode pembelajaran dengan hasil belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah 272 siswa kelas VIII. Penelitian ini melibatkan 8 kelas yang terdiri dari 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan uji ANAVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inkuiri lebih baik daripada metode pembelajaran langsung dengan nilai sebesar 31,591 dan tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan nilai siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)