Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:26 WIB
Detail
ArtikelMetodologi Pembelajaran Sains-Fisika Berbasis Konteks dan Asesmen Otentik  
Oleh: Wenno, Izaak Hendrik ; Suparno, Paul
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 44 no. 2 (Nov. 2014), page 188-196.
Topik: asesmen otentik; metode pembelajaran berbasis konteks
Fulltext: 5231-13345_her.pdf (1.65MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi mengajar sains-fisika berbasis konteks beserta perangkat yang melengkapinya. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen analisis kebutuhan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa fasilitas infrastrukur untuk pembelajaran IPA di sekolah menengah atas (SMA) di provinsi Maluku masih kurang memadai. Kedua, dalam proses belajar mengajar, guru masih kurang kreatif dan model pembelajaran dan evaluasinya masih berbentuk konvensional. Ketiga, hasil test pembelajaran IPA dan asesmen otentik di SMA provinsi Maluku dapat dikategorikan sebagai efektif. Keempat, analisis kovarian multivariat menunjukkan bahwa disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan metode ini dan asesmen otentik adalah lebih baik daripada yang melalui pembelajaran dan asesmen konvensional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)