Anda belum login :: 23 Nov 2024 02:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Susan Loucks-Horsley
Oleh:
Jumadi
;
Paidi
;
Atiarani, Vinta
;
SR, Rahayu Dwi Siwi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Kependidikan vol. 44 no. 1 (May 2014)
,
page 15-25.
Topik:
Perangkat pembelajaran
;
Model Susan Loucks-Horsley
;
sikap terhadap IPA
;
keterampilan proses IPA
;
penguasaan materi IPA
Fulltext:
2188-6003_her.pdf
(320.59KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Model Susan LoucksHorsley yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, menyelidiki efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa. Penelitian menggunakan metode R&D model Borg & Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran untuk penilaian Silabus, RPP, dan LKS oleh ahli; angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap IPA; lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Susan Loucks-Horsley; serta lembar pretest-postest untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi yang dicapai siswa setelah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran Model Susan Loucks-Horsley yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, berdasarkan validasi ahli dan uji coba lapangan; (2) perangkat pembelajaran yang dikemangkan efektif untuk meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)