Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa SMA Dalam Media Sosial
Oleh:
Mulyati, Imas
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas
,
page 326-330.
Topik:
Kesalahan berbahasa
;
Siswa
;
Media social
Fulltext:
hal 326-330.pdf
(18.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 14
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Globalisasi semakin pesat dan memunculkan berbagai kondisi, baik yang bersifat positif maupun negatif. Dari berbagai kondisi yang ditimbulkan, dampak negatif muncul dalam berbagai segi kehidupan. Hal ini terasa pula pengaruhnya terhadap bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia telah terkontaminasi oleh perbendaharaan kata asing yang dianggap dapat mengancam eksistensi bahasa Indonesia. Akibatnya, terjadi pula berbagai bentuk kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh berbagai kalangan, terutama kaum muda, para siswa SMA. Kesalahan berbahasa itu pun terjadi dalam berbagai media, baik formal maupun nonformal, seperti media sosial. Untuk menangani masalah tersebut, diperlukan berbagai upaya. Penelitian yang berjudul ‘Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa SMA pada Media Sosial’ ini bertujuan untuk mendata jenis kesalahan berbahasa siswa SMA pada media sosial; mengelompokkan setiap jenis kesalahan berbahasa yang dilakukan siswa SMA pada media sosial; mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa siswa SMA; dan menemukan solusi untuk memperbaiki perilaku kesalahan berbahasa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi dokumentasi dan observasi. Studi dokumentasi digunakan untuk mendata berbagai jenis kesalahan berbahasa dan mengelompokkan jenis-jenis kesalahan berbahasa tersebut. Dokumen yang diteliti berupa media sosial yang sering digunakan oleh para siswa sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berekspresi: facebook, blackberry messenger, instagram, tweeter, dan sebagainya. Data dikumpulkan dengan teknik screenshoot dari media sosial-media sosial yang digunakan oleh para siswa. Hal ini dilakukan agar data yang diperoleh benar-benar menunjukkan kondisi yang sebenarnya, tanpa diketahui oleh yang bersangkutan. Observasi digunakan untuk mengidentifikasi berbagai alasan yang melatarbelakangi kesalahan berbahasa para siswa SMA. Observasi dalam penelitian ini dilakukan secara tertulis dengan teknik angket/ kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap para siswa SMA Negeri 1 Ciparay Kabupaten Bandung. Dari tiga puluh dua kelas di sekolah ini, hanya beberapa siswa yang dijadikan sampel. Penyampelan dilakukan secara berjenjang, yakni penyampelan yang diambil berdasarkan daerah, dalam hal ini ‘kelas’. Dari setiap kelas, diambil lima siswa yang berada dalam kontak media sosial.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)