Anda belum login :: 26 Nov 2024 15:11 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Aplikasi Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Kelompok A di TK Assaadah Limo Depok
Oleh:
Widyastuti, Ana
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas
,
page 166-168.
Topik:
Penguasaan kosakata
;
Bahasa Indonesia
;
Menyanyi
Fulltext:
hal 166-168.pdf
(18.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 14
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak kelompok A TK Assaadah Limo Depok.dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua fihak pada umumnya dan khususnya Tk Assaadah Limo Depok sendiri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classromm action research yang menggunakan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I mengenai tema tanaman dan siklus ke II mengenai binatang. Disetiap siklusnya peneliti menyampaikan materi dengan metode bernyanyi yang divariasikan dengan strategy active learning lainnya, sehingga pembelajaran menarik anak-anak pun aktif dalam belajar. Disamping itu, anak-anak juga dapat dengan mudah memahami materi yang disaampaikan peneliti. Hasi penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya, yaitu anak-anak mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Anak-anak lebih antusias, gembira, bersemangat dan sangat mudah menyerap pengetahuan dengan sangat baik. Metode bernyanyi adalah salah satu metode untuk meningkatkan kosakata baru dalam bahasa Indonesia.sekaligus menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran pada peserta didik diusia dini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)