Anda belum login :: 26 Nov 2024 15:11 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Aplikasi Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Kelompok A di TK Assaadah Limo Depok  
Oleh: Widyastuti, Ana
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas, page 166-168.
Topik: Penguasaan kosakata; Bahasa Indonesia; Menyanyi
Fulltext: hal 166-168.pdf (18.75MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 14
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak kelompok A TK Assaadah Limo Depok.dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua fihak pada umumnya dan khususnya Tk Assaadah Limo Depok sendiri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classromm action research yang menggunakan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I mengenai tema tanaman dan siklus ke II mengenai binatang. Disetiap siklusnya peneliti menyampaikan materi dengan metode bernyanyi yang divariasikan dengan strategy active learning lainnya, sehingga pembelajaran menarik anak-anak pun aktif dalam belajar. Disamping itu, anak-anak juga dapat dengan mudah memahami materi yang disaampaikan peneliti. Hasi penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya, yaitu anak-anak mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Anak-anak lebih antusias, gembira, bersemangat dan sangat mudah menyerap pengetahuan dengan sangat baik. Metode bernyanyi adalah salah satu metode untuk meningkatkan kosakata baru dalam bahasa Indonesia.sekaligus menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran pada peserta didik diusia dini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)