Anda belum login :: 22 Nov 2024 17:57 WIB
Detail
ArtikelAktifitas Komunikasi Masyarakat Melalui Internet  
Oleh: Sunarwan, Bambang
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Studi Komunikasi dan Media vol. 18 no. 02 (Jul. 2014), page 207-216.
Topik: communication activities; Internet; Aktivitas komunikasi
Fulltext: SS6320718022014.pdf (479.52KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: SS63
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPermasalahan penelitian ini difokuskan pada aktifitas komunikasi anggota masyarakat melalui internet. Dalam upaya menjawabnya penelitian berbasiskan pada konsep aktifitas Levy dan Windahl yang merujuk pada dimensi orientasi khalayak dalam level selektifitas dan keterlibatan. Dengan metode survai pada responden, maka penelitian ini berhasil memperlihatkan bukti empirik bahwa khalayak itu memang secara absolut menentukan dirinya sendiri untuk mengorientasikan dirinya pada penggunaan media. Dengan begitu, efek dari media dengan sendirinya menjadi moderat. Efek media yang lebih kuat pada khalayak akan terjadi pada media yang terpilih dalam seleksi orientasi khalayak dan sebaliknya efek yang lemah akan terjadi pada media yang tidak terpilih. Media-media (saluran komunikasi) yang diduga akan berpengaruh kuat terhadap khalayak itu, dari fenomena level selektifitas yaitu : E-mail; Status dalam situs social Networking ; Chating Space/ruang ngobrol; dan websites. Sementara dari fenomena level keterlibatan, yaitu saluran-saluran dalam web page seperti “Status dalam situs social Networking ; E-mail dan Chating Space. Sedang nama-nama web page yang diduga akan sangat berpengaruh terhadap khalayak yaitu Face Book; Yahoo Messenger ; Yahoo mail dan Google Mail.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)