Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:05 WIB
Detail
ArtikelAktifitas Ekonomi Masyarakat Melalui Internet (Survei Aktifitas Bisnis Pengurus Karang Taruna melalui Online Shopping Sites)  
Oleh: Imran, Hasyim Ali
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Studi Komunikasi dan Media vol. 18 no. 02 (Jul. 2014), page 133-149.
Topik: economic activities; Internet; Online Shopping Sites; Aktifitas Ekonomi
Fulltext: SS6313318022014.pdf (449.94KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: SS63
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelMengambil kasus terkait fenomena aktifitas bisnis melalui Online Shopping Sites pada pengrus karang taruna, maka dengan berbasiskan konsep uses dalam model theory uses and gratification dari Katz, Gurevitch dan Hass serta konsep aktifitas Levy, penelitian bermetode survai ini menelaah fenomena tadi melalui tiga dimensi : Jenis Media; Terpaan Media; dan Isi Media. Substansi dimensi dimaksud selanjutnya menjadi dasar pembuatan kuesioner atas sejumlah pertanyaan utama penelitian. Dari hasil diskusi hasil penelitian kiranya itu memperlihatkan ragam reaksi audience dalam memperlakukan Online Shopping Sites. Fenomena audience ini menjadi bukti empirik kalau audience memang aktif terkait penggunaan media. Mereka sebagai active selector yang stubborn dan ini kembali menegaskan kebenaran asumsi yang dikemukakan dalam model teori uses and gratification.;-Asumsi Alvin Tovfler mengenai masyarakat era informasi berindikasi masih belum sepenuhnya benar.;-Kebenaran asumsi ini tampaknya tergantung pada bagaimana audience itu memperlakukan media itu sendiri. Audience yang dalam penelitian ini dominannya berposisi sebagai konsumen dalam tahap transaksi Online Shopping, dapat menjadi indikasi yang menolak kebenaran asumsi Alvin Tovfler tadi. Sementara adience yang relatif minim berposisi “Sebagai Pemilik Sumber-sumber Ekonomi” atau “Sebagai Produsen” dalam transaksi tadi, tentunya pula dapat menjadi pendukung bagi kebenaran asumsi Alvin Tovfler. Dalam bahasa Tovler, kalangan minoritas inilah yang ” menguasai dunia”.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)