Anda belum login :: 27 Nov 2024 21:01 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Formulasi Strategi Komunikasi Karantina Pertanian Menggunakan Audit Komunikasi
Oleh:
Kartikawati, Endah
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Masyarakat Telematika dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi vol. 05 no. 02 (Nov. 2014)
,
page 127-152.
Topik:
Perencanaan Strategi
;
Karantina Pertanian
;
Analisa TOWS
;
QSPM
;
Strategic Planning
;
Agricultural Quarantine
;
TOWS Analysis
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM93
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pada perdagangan global saat ini, tindakan Karantina Pertanian memegang peranan strategis untuk melindungi produk pertanian lokal dan keamanan pangan. Sebagai dampak dari perjanjian perdagangan dunia, di mana Indonesia sebagai anggota dari organisasi harus menaati aturan perdagangan dunia ini, antara lain kebijakan nontarif untuk prosedur ekspor dan impor termasuk produk pertanian. Dan sebagai dampaknya, produk pertanian Indonesia yang masih dalam pertumbuhan dan perkembangan akan mengalami situasi yang sulit. Badan Karantina Pertanian akan menjadi ujung tombak pada prosedur ekspor dan impor untuk mengantisipasi pasar bebas nontarif. Namun demikian, dengan adanya keterbatasan sumber daya pemerintah dalam menyediakan layanan karantina di seluruh pintu keluar dan masuk di seluruh wilayah Indonesia, maka partisipasi masyarakat Indonesia dalam hal karantina menjadi sangat dibutuhkan. Program kesadaran publik menjadi jalan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap isu karantina. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kesadaran publik yang sedang dilaksanakan dengan menggunakan metode audit komunikasi dan mencari formulasi strategis yang sesuai untuk program kesadaran publik pada masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden berasal dari internal yang memiliki ruang lingkup kerja berkomunikasi dengan publik, dan eksternal yang dipilih dengan metode sampling purposif. Data dianalisis menggunakan metode dekriptif, analisis internal, analisis eksternal, analisis IE, analisis SWOT dan QSPM. Data merepresentasikan sikap dan persepsi masyarakat yang lalu-lalang pada pintu keluar dan masuk wilayah NKRI (traveller), yang akan digunakan untuk menyusun strategi komunikasi dan program kesadaran publik yang sesuai bagi Badan Karantina Pertanian di masa mendatang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)