Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:54 WIB
Detail
ArtikelStrategi Pengembangan Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia  
Oleh: Abdurrahim, Muhammad Fauzanul Hakim ; Daryanto, Arief ; Nurmalina, Rita
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen & Agribisnis vol. 11 no. 03 (Nov. 2014), page 199-208.
Topik: development strategy; BPBPI; AWOT; SWOT; strategi pengembangan
Fulltext: MM9219911032014.pdf (982.47KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM92
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang Memengaruhi BPBPI dalam mencapai visi dan misinya, menyusun alternatif strategi pengembangan di BPBPI, dan merumuskan prioritas strategi pengembangan di BPBPI. Metode analisis deskriptif digunakan dalam penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan, efaluasi faktor internal, efaluasi faktor internal, matrik internal eksternal (IE), matrik SWOT dan kombinasi dari analisis proses Hierarki (AHP) dan SWOT. Menggunakan matrik IE, perusahaan diindikasikan berada pada posisi kuadran V yaitu posisi jaga dan pertahankan dengan strategi umum penetrasi pasar dan pengembangan produk. berdasarkan hasi analisis SWOT, terdapat enam alternativ strategi yang dapat direkomendasikan kepada BPBPI yaitu (1) Strategi penetrasi pasar melalui pengembangan produk-produk baru dan peningkatan jaringan distribusi, (2) Mencari alternatif sumber bahan baku organik yang baru dan murah serta memiliki ketersediaan banyak, (3) Strategi peningkatan promosi produk BPBPI melalui roadshow ke konsumen secara berkala, (4) Strategi optimalisasi kebun percobaan melalui penanaman bibit unggul, (5) Melakukan riset-riset strategis yang menghasilkan produk-produk unik dan mempunyai nilai jual tinggi serta pasar yang luas, (6) Strategi Peningkatan kesejahteraan tenaga ahli agar terciptanya suasana kerja yang kondusif. Prioritas strategi dengan total nilai efisiensi tertinggi (18,15%) yang diperoleh dari AWOT yaitu melakukan riset-riset strategis yang menghasilkan produk-produk unik dan mempunyai nilai jual tinggi serta pasar yang luas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)