PT. Sari Husada, Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri susu bayi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan perusaha n sejenis pada akhir-akhir ini, PT. Sari Husada, Tbk sangat menyadari bahwa peranan strategi pemasaran sangat penting untuk dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Semakin banyaknya persaingan yang ada, perusahaan terpaksa harus membuat suatu keunggulan kompetitif, supaya dapat bersaing di pasaran industry susu, sehingga produk yang diproduksi mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan produk para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa tentang strategi pemasaran yang seperti apa, yang diterapkan perusahaan dalam menghadapi persaingan industri, dalam hal ini PT, Sari Husada, Tbk, terutama dalam menghadapi 5 kekuatan pokok dalam persaingan. yaitu yang terdiri dari ancaman pendatang baru, kekuatan tawar-menawar pembeli kekuatan tawar-menawar pemasok produk pengganti industri dan persaingan antara perusahaan industri susu. Dengan melihat 5 kekuatan produk tersebut dengan perbandingan dengan perusahaan lain, maka diharapkan PT. Sari Husada, Tbk dapat menerapkan strategi perusahaan yang tepat dalam menghadapi pesaing-pesaingnya. Hasil dari analisa tersebut menunjukkan bahwa dengan melakukan pengembangan produk, serta dengan mempertahankan mutu produk dan meningkatkan pelayanan pada konsumen, merupakan kunci keberhasilan usaha pemasaran. Hal ini penting, mengingat produk-produk yang dikeluarkan PT. Sari Husada, Tbk adalah produk yang bergizi tinggi dengan harga terjangkau dan dikenal baik oleh masyarakat. |