Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban Dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes
Oleh:
Bhakti, Yoga Budi
Jenis:
Article from Article
Dalam koleksi:
Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol. 05 no. 01 (Apr. 2015)
,
page 1-13.
Topik:
reliabilitas
;
teknik penskoran
;
alternatif jawaban
;
reliability
;
scoring techniques
;
alternative answers
Fulltext:
FF290135012015.pdf
(599.47KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FF29
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah alternatif jawaban dan teknik penskoran terhadap reliabilitas tes IPA Terpadu. Bentuk tes ini meliputi tes bentuk pilihan ganda tiga pilihan jawaban dan tes bentuk pilihan ganda empat pilihan jawaban dengan teknik penskoran penalti dan teknik penskoran kompensasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 57, SMP Negeri 58, SMP Negeri 67 dan SMP Negeri 145 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Reliabilitas tes bentuk pilihan ganda dengan tiga pilihan jawaban lebih tinggi dibandingkan tes bentuk pilihan ganda empat pilihan jawaban, (2) Reliabilitas tes dengan teknik penskoran penalti lebih tinggi dibandingkan reliabilitas dengan teknik penskoran kompensasi. (3) Tidak terjadi interaksi antara jumlah alternatif jawaban dengan teknik penskoran. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk memberikan tes dengan menggunakan bentuk tes pilihan ganda 3 pilihan dan 4 pilihan jawaban dengan teknik penskoran penalti.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)