Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Harmoni
Oleh:
Rustiana, Eunike R.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 32 no. 1 (Feb. 2013)
,
page 139-149.
Topik:
Pendidikan Jasmani Harmoni
;
kecerdasan emosi
Fulltext:
1267-3989-1-PB_Ros.pdf
(91.22KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti bahwa Pendidikan Jasmani Harmoni efektif meningkatkan kecerdasan emosi siswa SD. Penelitian ini berdasar pada teori kognitif sosial dari Bandura. Materi Penjas Harmoni terdiri atas permainan, olahraga, dan tarian masal (tari Saman). Subjek penelitian adalah siswa kelas V enam SDN yang berbeda, dengan tiga kelas sebagai kelompok intervensi yang diajar penjas Harmoni, dan tiga kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar penjas reguler. Perlakuan berlangsung selama 14 kali pertemuan. Kecerdasan emosi diukur sebelum dan sesudah perlakuan dengan Skala Perasaan modifikasi dari Bar-On EQ inventory. Hasil penelitian menunjukkan nbahwa Penjas Harmoni efektif meningkatkan kecerdasan emosi siswa SD, yaitu kecakapan intrapersonal, interpersonal, penyesuaian diri, pengelolaan stres, dan sikap positif. Tidak ada pengaruh jenis kelamin, namun ada pengaruh bersama antara tingkat akreditasi sekolah dan jenis perlakuan terhadap peningkatan kecerdasan emosi. Penjas Harmoni disarankan untuk dipakai guruguru penjas SD di Semarang guna melengkapi KTSP 2006.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)