Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:26 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Prestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dan Cooperative Learning  
Oleh: Rohaeti, Eli ; Suwardi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 32 no. 1 (Feb. 2013), page 116-124.
Topik: cooperative learning; belajar mandiri; kimia fisika; reciprocal teaching
Fulltext: 1265-3987-1-PB_Ros.pdf (113.79KB)
Isi artikelPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi dan kemandirian belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNY yang menempuh mata kuliah Kimia Fisika II pada tahun akademik 2009/2010. Penelitian tindakan kelas dengan dua siklus ini meliputi langkah-langkah perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti perkuliahan, terdapat 92,31% mahasiswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individual. Kemandirian belajar mahasiswa juga meningkat. Mahasiswa menunjukkan tanggapan positif terhadap perkuliahan. Mahasiswa antusias mengikuti kuliah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)