Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:36 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Politik Selebritas Elaborasi Teoritik Terhadap Model Kampanye Baru
Oleh:
Jati, Wasisto Raharjo
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Kawistara: Jurnal Sosial dan Humaniora vol. 04 no. 02 (Aug. 2014)
,
page 177-188.
Topik:
Selebriti Politik
;
Endorser
;
Voting Getter
;
Strategi Politik
;
Celebrity Politic
;
Endorser
;
Voting Getter
;
Political Strategy
Fulltext:
KK3017704022014.pdf
(348.48KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
KK30
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pembahasan mengenai konsep celebrity politic merupakan kajian baru dalam lanskap ilmu sosial dan politik di Indonesia yang baru mengimplementasikan demokrasi elektoral paska 1999. Fenomena selebriti yang masuk ke dalam ranah politik praktis sendiri sejatinya hadir sebagai vote getter alam setiap kampanye politik. Adanya publikasi di media yang masif maupun peforma yang acap kali ditampilkan membuat sosok selebriti menjadi daya magnet untuk menarik simpati publik. Hal itu yang kemudian berkausalitas dengan munculnya faktor endorsement suara yang akan diperoleh pada pemilu nanti. Akan tetapi, pola selebritas tersebut juga dilakukan oleh politisi untuk menampilkan adanya aspek aspek kesehariannya untuk menjadi bahan konsumsi publik. Implikasinya adalah menciptakan adanya simpati dan empati dari publik kepada kandidasi maupun partai. Adapun jurnalisme politik berperan besar dalam menciptakan kedua hal tersebut dengan menciptakan adanya pemberitaan lebih baik maupun sebaliknya, menciptakan adanya konstruksi kepada kandidat maupun partai. Tulisan ini akan mengelaborasi lebih lanjut mengenai perspektif politik selebritas ini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)