Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:36 WIB
Detail
ArtikelPolitik Selebritas Elaborasi Teoritik Terhadap Model Kampanye Baru  
Oleh: Jati, Wasisto Raharjo
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Kawistara: Jurnal Sosial dan Humaniora vol. 04 no. 02 (Aug. 2014), page 177-188.
Topik: Selebriti Politik; Endorser; Voting Getter; Strategi Politik; Celebrity Politic; Endorser; Voting Getter; Political Strategy
Fulltext: KK3017704022014.pdf (348.48KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: KK30
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPembahasan mengenai konsep celebrity politic merupakan kajian baru dalam lanskap ilmu sosial dan politik di Indonesia yang baru mengimplementasikan demokrasi elektoral paska 1999. Fenomena selebriti yang masuk ke dalam ranah politik praktis sendiri sejatinya hadir sebagai vote getter alam setiap kampanye politik. Adanya publikasi di media yang masif maupun peforma yang acap kali ditampilkan membuat sosok selebriti menjadi daya magnet untuk menarik simpati publik. Hal itu yang kemudian berkausalitas dengan munculnya faktor endorsement suara yang akan diperoleh pada pemilu nanti. Akan tetapi, pola selebritas tersebut juga dilakukan oleh politisi untuk menampilkan adanya aspek aspek kesehariannya untuk menjadi bahan konsumsi publik. Implikasinya adalah menciptakan adanya simpati dan empati dari publik kepada kandidasi maupun partai. Adapun jurnalisme politik berperan besar dalam menciptakan kedua hal tersebut dengan menciptakan adanya pemberitaan lebih baik maupun sebaliknya, menciptakan adanya konstruksi kepada kandidat maupun partai. Tulisan ini akan mengelaborasi lebih lanjut mengenai perspektif politik selebritas ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)