Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:41 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK  
Oleh: Widarto, ; Pardjono ; Widodo, Noto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 3 (Nov. 2012), page 409-423.
Topik: model pembelajaran; pendidikan soft skills; hard skills; siswa SMK; tenaga kerja
Fulltext: 1139-4593-1-PB_Ros.pdf (212.48KB)
Isi artikelPengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK. Era global menuntut sumber daya manusia yang memiliki daya saing, adaptif dan antisipatif, mampu belajar, terampil, mudah beradaptasi dengan teknologi baru. Profil tenaga kerja yang dibutuhkan pasar adalah yang kuat pada aspek soft skills dan hard skills. Ada tiga alternatif model pendidikan yang memadukan hard skills dan soft skills, yaitu (1) aspek soft skills dan hard skills dilaksanakan di sekolah; (2) aspek soft skills dilaksanakan di sekolah, sedang hard skills dilaksanakan bersamaan praktik kerja di DUDI; atau (3) aspek soft skills dilaksanakan di sekolah, sedang aspek hard skills ketika praktik kerja di teaching factory. Untuk itu, struktur kurikulum SMK disusun sesederhana mungkin dengan tetap mengacu Kurikulum Nasional yang digunakan dengan tekanan pada aspek soft skills dan mengintegrasikannya ke dalam silabus dan RPP. Karakteristik guru yang diperlukan adalah: (1) the adaptor; (2) the visionary; (3) the collaborator; (4) the risk taker; (5) the leaner; (6) the communicator; (7) the model; dan (8) the leader. Selain itu, diperlukan dukungan stake holders yakni dinas pendidikan setempat, masyarakat dan DUDI.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)