Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pembelajaran Secara Bilingual di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Oleh:
Supriyadi, Edy
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 2 (May 2012)
,
page 290-304.
Topik:
pembelajaran
;
bilingual
;
pendekatan kontekstual
Fulltext:
1564-4602-1-PB_Ros.pdf
(99.31KB)
Isi artikel
Pembelajaran secara Bilingual di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang proses pembelajaran bilingual menggunakan pendekatan kontekstual yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok mahasiswa, masing-masing terdiri atas 42 mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa pada siklus terakhir termasuk dalam kategori baik (rerata = 72,48 dibandingkan dengan rerata yang ditargetkan = 70). Terdapat peningkatan aktivitas dan motivasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Juga terdapat peningkatan pada penggunaan bahasa Inggris oleh mahasiswa pada dua siklus terakhir. Meskipun demikian, peningkatan tersebut tidak setinggi yang ditargetkan. Pada akhir siklus terakhir, aktivitas, motivasi, dan penggunaan bahasa Inggris oleh mahasiswa termasuk pada kategori cukup. Target tidak dapat dicapai karena besarnya jumlah mahasiswa dan kurang nyamannya kondisi ruangan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)