Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:54 WIB
Detail
ArtikelReposisi Pendidikan Seni Sebagai Sentra Pembentukan Insan Humanis  
Oleh: Sutiyono
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 1 (Feb. 2012), page 157-169.
Topik: pendidikan seni; humanisasi; nilai estetika; sosial; dan moral
Fulltext: 1462-4451-1-PB_Ros.pdf (70.38KB)
Isi artikelReposisi Pendidikan Seni sebagai Sentra Pembentukan Insan Humanis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran seni dan mengetahui indikasi proses pembentukan insan humanis. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) bentuk pembelajaran seni pada mata kuliah praktik tari terintegrasi dengan nilai-nilai kemanusiaan terdiri dari: (a) nilai estetika, (b) nilai sosial, dan (c) nilai moral. Melalui proses pembelajaran seni ini para mahasiswa dibawa langsung pada pencapaian tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor; (2) indikasi proses pembentukan insan humanis terletak pada interaksi para mahasiswa di dalam/luar kelas dalam bentuk perilaku humanis, misalnya saling membantu dan bekerja sama dengan teman dalam mengikuti proses pembelajaran. Penemuan pertama disebut proses hominisasi (pembentukan kemanusiaan) dan penemuan kedua disebut proses humanisasi (pengamalan kemanusiaan).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)