Dalam menghadapi situasi perekonomian yang penuh dengan persaingan dewasa ini, maka setiap perusahaan harus mempunyai suatu keunggulan tertentu dibandingkan dengan pesaing lainnya. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan yang bersangkutan dapat tetap mempertahankan produknya dipasaran sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terus beroperasi. Strategi KAIZEN pada awal mulanya berkembang memang memprioritaskan dalam segi perbaikan mutu dalam bidang produksi dalam hal ini pengendalian mutu secara terpadu, tetapi sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan semakin banyaknya tuntutan yang tidak hanya mementingkan mutu produk saja kini strategi KAIZEN juga bisa diterapkan dalam bidang pemasaran dan jasa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada PT. Indoteaktama Grahalestari terlihat bahwa perusahaan memprioritaskan kegiatan pemasaran dengan peranan strategi KAIZEN, yang intinya; Peningkatan Produktivitas, Gugus Kendali Mutu, Pengendalian Mutu Terpadu dan Hubungan Kerja. Untuk itu perusahaan membentuk suatu panitia pengendalian mutu dimana seluruh karyawan dan buruh harian terlibat dalam melaksanakan tugas mereka. Tujuan dari pelaksanaan strategi ini adalah untuk mencapai kepuasan konsumen baik dari segi mutu, biaya dan penjadwalan. |