Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:07 WIB
Detail
Artikel Know What You Are Doing: Learning and Teaching Theories Behind the Classroom Practice  
Oleh: Sugirin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 30 no. 3 (Nov. 2011), page 357-372.
Topik: studi kasus; teori pembelajaran; praktik di kelas
Fulltext: 4201-10853-1-PB_Ro.pdf (224.9KB)
Isi artikelPahami Tindakan Anda: Teori Pembelajaran di balik Praktik di Kelas. Studi kasus ini bertujuan mengungkap sejauh mana mahasiswa calon guru mampu memberikan alasan atas tindakan kelas yang dilakukan dalam pelatihan bahasa Inggris bagi pekerja industri kerajinan di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. Data tentang tindakan, yang dikumpulkan melalui pengamatan non-partisipan yang didukung rekaman video, dianalisis dengan analisis model Blaxter, Hughes and Tight’s (2006), sementara data tentang alasan tindakan dianalisis dengan model Miles & Huberman (1994: 10). Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru dalam penelitian ini: (1) tidak selalu mampu memberikan alasan yang tepat atas tindakan yang secara pedagogik benar; (2) tidak mampu memberikan alasan atas sebagian besar tindakan yang secara pedagogik tidak tepat; dan (3) mem-berikan alasan yang berubah-ubah atas tindakan yang secara pedagogik tidak jelas tujuannya. Temuan kajian ini mendukung keraguan Chappell & Hawke (2003) apakah para guru memahami apa yang mereka lakukan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)