Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peranan Kemampuan Verbal, Kemampuan Berpikir Abstrak , Kemampuan Membaca, dan Kebiasaan Membaca Dalam Memprediksi Kemampuan Berpikir Formal Mahasiswa
Oleh:
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 1 no. 1 (May 2003)
,
page 25-37.
Topik:
Formal Thinking Ability
;
Comprehensive Reading skill
;
Abstract Reasoning
;
Verbal Ability
;
Reading Habit
;
Kemampuan Verbal
;
Kemampuan Berpikir Formal
;
Kemampuan Berpikir Abstrak
;
Kemampuan Membaca
Fulltext:
Laura FN Sudarnoto.pdf
(886.69KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kemampuan berpikir formal sangat dibutuhkan dalam kegiatan ilmiah. Kemampuan ini sangat diperlukan mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan dari kemampuan verbal, kemampuan berpikir abstrak, kemampuan membaca komprehensif, dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir formal. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan inventori. Analisis data dilakukan melalui analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang berarti antara ketiga variabel independen terhadap kemampuan berpikir formal, kecuali variabel kebiasaan membaca. Sumbangan bersama-sama terhadap kemampuan berpikir formal sebesar 53%. Kemampuan verbal, kemampuan berpikir abstrak dan kemampuan membaca komprehensif dapat memprediksi kemampuan berpikir formal. Perbedaan yang tidak berarti pada kemampuan berpikir formal mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan tahun akademik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)