Anda belum login :: 27 Nov 2024 05:13 WIB
Detail
ArtikelMerancang Program Pendidikan Pemakai Untuk Pemustaka Digital Native di Perpustakaan Universitas Indonesia  
Oleh: Naibaho, Kalarensi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Visipustaka: Majalah Perpustakaan vol. 17 no. 02 (Aug. 2015), page 96-109.
Topik: CR Code; digital native; e-jurnal
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: VV7
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSejak tahun 2007 Perpustakaan Universitas Indonesia telah melaksanakan program literasi informasi untuk mahasiswa baru. Salah satu materi dalam program ini adalah pendidikan pemustaka. Setiap tahun pustakawan menciptakan model pembelajaran yang berbeda sesuai dengan karakter mahasiswa. Beberapa tahun terakhir pustakawan membuat permainan 'berburu harta karun' dengan menggunakan model CR Code. Model ini dipilih mengingat kategori pemustaka sekarang termasuk generasi digital native yang lebih mengandalkan teknologi sebagai media belajar daripada tutorial. Pustakawan membuat games sebagai cara untuk memperkenalkan perpustakaan dan layanannya. Subjek permainan diatur sesuai dengan tema, misalnya layanan rujukan, layanan sirkulasi, e-books, e-jurnal, fasilitas, dan lain-lain. Games ini dilakukan dalam kelompok-kelompok. Di akhir games setiap kelompok harus menyajikan pengalaman mereka saat menjalankan games dan hasil yang ditemukan, apa saja kendalanya, dan bagaimana peserta mengatasi kendala. Pustakawan akan memandu diskusi tentang pengalaman pemustaka menjalankan games tersebut. Pada akhir sesi semua layanan dan fasilitas telah diperkenalkan kepada mahasiswa dengan cara menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)