Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Membangun Jaringan Pemasaran Industri Kreatif Kerajinan Kayu Ebony di Sulawesi Tengah
Oleh:
Bachri, Syamsul
;
Monoarfa, Hilda
;
Santi, Ira Nuriya
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 13 no. 2 (Jun. 2015)
,
page 299 - 303 .
Topik:
industry kreatif
;
jaringan pemasaran
;
kerajinan kayu ebony
;
Sulawesi tengah
;
creative industry
;
network marketing
;
ebony wood craft
;
central Sulawesi
Fulltext:
770-2017-1-PB_ros.pdf
(113.94KB)
Isi artikel
Industri kreatif adalah sebagai sumber ekonomi masyarakat diyakini mampu menjawab tantangan permasalahan dasar ekonomi di negara-negara kecil dan menengah, yaitu pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah (rata-rata hanya 4,5% per tahun) setelah krisis, pengangguran masih tinggi (9–10%), tingkat kemiskinan yang tinggi (16–17%). Industri kreatif memiliki sejumlah kendala, salah satunya adalah kurangnya akses ke pelaku pasar di industri (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2012). Masalah yang dialami oleh akses pasar produk kerajinan kayu pada industri kreatif ebony di Sulawesi Tengah. Aris (2011) berpendapat bahwa hambatan utama adalah masalah pemasaran produk industri kreatif kerajinan kayu, meskipun pemerintah daerah selalu terlibat dalam beberapa pameran kerajinan. Kerajinan kayu hitam (Diospyros Celebika Bakh) adalah kerajinan yang terbuat dari kayu mewah (kayu mewah) dan memiliki gaya yang unik dan khas dan dilakukan oleh tangan-tangan terampil yang tersebar di berbagai wilayah, sehingga hasil industri kreatif merupakan salah satu kerajinan kayu ebony mempunyai potensi seni daerah pada mata pencaharian masyarakat pada saat yang sama di provinsi Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jaringan pemasaran kerajinan kayu ebony melalui metode survei. Jaringan pemasaran terpadu dapat meningkatkan kinerja industri kreatif melalui Pemasaran kayu ebony kerajinan Intensitas Jaringan, Jaringan Kekuatan Pemasaran, proaktif dan Jaringan Pemasaran, serta Jaringan Keanekaragaman.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)