Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:32 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu  
Oleh: Radfan, Nasar ; Djumahir ; Hariyanti, Tita
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 13 no. 2 (Jun. 2015), page 220 - 228.
Topik: Bauran pemasaran; loyalitas pasien; Rumah Sakit Paru Batu; mix marketing; patients’ loyalty; Hospital Pulmonary Batu
Fulltext: 763-2010-1-PB_ros.pdf (83.63KB)
Isi artikelPeneliti ingin mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien yang berobat di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan cross sectional terhadap 100 pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Pengambilan sampel secara non random sampling. Variabel bebasnya adalah produk, harga, tempat, promosi, petugas, proses, dan bukti fisik sedangkan variabel tergantungnya adalah loyalitas pasien yang berobat di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu, yang diukur dengan instrumen quesioner. Pengujian terhadap validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan metode alpha cronbach. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua elemen bauran pemasaran berpengaruh positip terhadap loyalitas pasien yang berobat dipolikinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Dari seluruh elemen bauran pemasaran bukti fisik (66,1%) dan harga (18,1%) mempunyai pengaruh paling dominan diantara elemen bauran pemasaran yang lain, produk dan tempat tidak mempunyai pengaruh positip terhadap loyalitas pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu, sedang pengaruh secara berurutan adalah bukti fisik (66,1%), harga (18,1%), promosi (13,5%), proses (11%), petugas (0,7%), tempat ( 0,117%), produk (0,11%). Dari seluruh elemen bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, petugas, proses, dan bukti fisik) tidak semua elemen mempengaruhi loyalitas pasien. Variabel produk dan tempat tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pasien, sedangkan variabel lain yaitu harga, promosi, petugas, proses dan bukti fisik mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pasien yang berobat di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. Elemen harga dan bukti fisik mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas pasien diantara elemen yang lain dalam bauran pemasaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)