Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:16 WIB
Detail
ArtikelAlasan Gaya Hidup Konsumen dalam Mengkonsumsi Kebaya sebagai Barang Mewah  
Oleh: Annisa, Renny ; Rohman, Fatchur ; Noermijati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 12 no. 3 (Sep. 2014), page 521 - 530.
Topik: gaya hidup; konsumsi barang mewah; fashion; kebaya pesta; lifestyle; luxury consumption; fashion; kebaya; party
Fulltext: 692-1817-1-PB_ros.pdf (175.83KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam alasan gaya hidup konsumen dalam melakukan konsumsi kebaya pesta sebagai barang mewah pada konsumen wanita di Channisa Boutique Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Fenomenologi untuk dapat menjelaskan lebih mendalam tentang pengalaman dan alasan partisipan pada fenomena gaya hidup (lifestyle) dalam pembelian dan penggunaan kebaya sebagai barang mewah (luxury consumption). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 5 informan yang merupakan pelanggan Channisa Boutique di kota Malang. Analisa data menggunakan coding untuk mempermudah proses formulasi makna hasil wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan: Alasan yang melatarbelakangi gaya hidup konsumen yaitu 1) peranan kelompok referensi 2) achievement motivation 3) kepercayaan diri 4) citra diri. Implikasi penelitian bagi pemasar adalah pemasar dapat memberi perhatian lebih terhadap pandangan kelompok referensi pelanggan, penyamaan persepsi dengan fashion trend yang dipahami pelanggan, serta kepercayaan diri dan citra diri yang ingin dimiliki pelanggan. Orisinalitas penelitian ini menekankan pada pengalaman dan alasan gaya hidup konsumsi barang fashion mewah produk lokal Indonesia yaitu kebaya pesta.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)