PT Tancho Indonesia adalah perusahaan terkemuka yang bergerak dalam bidang perdagangan produk kosmetik. Untuk menghadapi para pesaing yang semakin kompetitif, perusahaan menyadari bahwa kegiatan periklanan merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan periklanan yang dilakukan perusahaan terhadap tingkat penjualan.Untuk mengetahui efektivitas kegiatan periklanan yang dilakukan PT Tancho Indonesia dalam upaya meningkatkan penjualannya, penulis menganalisa koefisien korelasi. Analisa ini menyatakan bahwa hubungan linear antara dua variabel yaitu biaya periklanan (x) dengan hasil penjualannya (y). Dari perhitungan tersebut, penulis mendapatkan hasil sebesar 43,06%. Hal ini menggambarkan kuatnya pengaruh biaya periklanan pada hasil penjualan. Ini berarti bahwa kenaikan atau penurunan pada biaya periklanan memiliki kekuatan sebesar 43,06% dalam menyebabkan kenaikan atau penurunan pada hasil penjualan. (r > 0 berarti, korelasi positif). Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil perhitungan adalah adanya hubungan yang kuat dan bersifat positif antara biaya periklanan dengan hasil penjualan. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan periklanan yang dilakukan oleh perusahaan adalah efektif dalam mencapai sasaran. |