Sejak era reformasi dan kebebasan pers, banyak sekali majalah, koran, tabloid dan buletin yang muncul, Seiring dengan minat baca yang meningkat dari masyarakat, lalu banyak tabloid baru sejenis yang berrnunculan, sehingga menimbulkan persaingan yang tinggi dari perusahaan sejenis. Keadaan pasar yang semula pasar penjual, kemudian berubah menjadi pasar pembeli. Pemasaran merupakan salah satu dari fungsi-fungsi pokok suatu usaha. Alat dan strategi yang digunakan manajemen pemasaran untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi. Sebagai tabloid baru, Cek dan Ricek hams bersaing dengan tabloid-tabloid hiburan lama yang sudah ada terlebih dahulu dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat, juga dengan tabloid hiburan baru lainnya. Dalam hal ini sebagai tabloid yang masih baru, perlu adanya suatu strategi promosi yang baik untuk dapat merebut atau setidaknya bartahan di tengah persaingan pasar tabloid yang sedang marak sekarang ini. Dari berbagai strategi promosi yang telah dilakukan oleh Tabloid Cek dan Ricek melalui iklan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat, tabloid ini cukup mendapat tempat di hati pembacanya dan mampu bersaing dengan tabloid-tabloid sejenis lainnya, baik itu yang telah lama maupun yang masih baru. Oleh sebab itu, kegiatan promosi yang telah dilakukan perlu lebih dikembangkan dan ditingkatkan lagi, karena hasilnya akan terlihat untuk waktu yang relatif lama. Demikian juga dengan kualitas berita yang disuguhkan oleh Tabloid Cek dan Ricek harus tetap terpercaya, yaitu dengan menyuguhkan berita-berita yang sudah dicek lebih dahulu kebenarannya, sehingga dapat dipercaya. |