Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:13 WIB
Detail
ArtikelNiat Adopsi Teknologi Informasi: Sebuah Kajian Empiris Online Business  
Oleh: Haryanto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan vol. 18 no. 2 (Jun. 2014), page 165 – 180.
Topik: technology acceptance model; theory of planned behavior; wirausaha; online business
Fulltext: 20150324002.pdf (258.01KB)
Isi artikelPenelitian ini menguji hubungan antara variabel dalam Technology Acceptance Model, yang meliputi variabel perceived easy to use, perceived usefulness, sikap, dan niat dengan Theory of Planned Behavior yang mencakup sikap, subjective norm, dan perceived behavioral control. Setting penelitian adalah mahasiswa yang melakukan online business. Pengujian instrumen berdasarkan confirmatory factor analysis untuk pengujian validitas dan cronbach alpha untuk pengujian reliabilitas. Berdasarkan purposive sampling method, terdapat 161 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan analisis SEM-GeSCA. Hasil pengujian mengindikasikan bahwa model penelitian fit karena nilai FIT, AFIT, dan GFI berturut-turut sebagai berikut 60,1%; 59,5%;0,989. Oleh karena itu, pengujian hipotesis bisa dilakukan. Terdapat lima hipotesis yang didukung, yakni pengaruh perceived easy to use terhadap perceived usefulness; pengaruh perceived usefulness terhadap sikap dan juga terhadap niat; pengaruh sikap terhadap niat; dan pengaruh perceived behavioral control terhadap niat. Namun hipotesis tentang pengaruh perceived easy to use terhadap sikap dan pengaruh subjective norm terhadap niat tidak didukung.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)