Disebabkan oleh perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana manusia atau perusahaan akan banyak menghadapi tantangan dan hambatan seperti risiko terhadap harta milik dan risiko terhadap bahaya kebakaran. Guna menghindari kebakaran tersebut, seseorang mengalihkan risiko miliknya pada perusahaan asuransi, untuk itu ia harus mengeluarkan biaya ekstra berupa premi. Apabila suatu saat terjadi suatu musibah yang mengakibatkan kerugian keuangan, si tertanggung dapat mengajukan klaim atas sejumlah kerugian yang dideritanya. Dalam hal ini si tertanggung diwajibkan untuk mengikuti prosedur yang berlaku pada PT. Asuransi Central Asia selaku pihak penangggung. Di lain pihak, PT. Asuransi Central Asia juga dituntut untuk dapat menyelesaikan klaim dengan baik, cepat dan efisien, dengan demikian dapat mempertebal kepercayaan nasabahnya, disadari bahwa penanganan dan penyelesaian klaim asuransi yang baik merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan perusahaan dalam hal persaingan yang tajam. Setelah dilakukan penelitian di PT. Asuransi Central Asia, penulis menyimpulkan bahwa proses klaim tidak memakan waktu yang lama bilamana si tertanggung melengkapi semua dokumen pendukung yang diperlukan dalam menyelesaikan klaim tersebut. |