Melalui penulisan skripsi ini, penulis berharap dapat mengetahui strategi pemasaran dan periklanan yang diterapkan PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk., serta menganalisis dampak strategi periklanan yang dilakukan perusahaan terhadap penjualannya selama tahun 1996 sampai tahun 1998. Media periklanan yang digunakan perubahaan meliputi surat kabar, televisi, radio, billboard, van livery, point of sales dan production advertising. Untuk kegiatan periklanan, perusahaan telah mengeluarkan biaya sebesar Rp. 9,285 milyar pada tahun 1996. Rp. 7,036 milyar pada tahun 1997 dan Rp. 6,237 milyar pada tahun 1998. Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan biaya periklanan dari tahun ke tahun. Walaupun biaya periklanan mengalami penurunan tidak menyebabkan terjadinya penurunan pada hasil penjualan. Ini terbukti diperolehnya Rp.866 milyar pada tahun 1996, Rp. 1132 milyar pada tahun 1997 dan Rp. 1453 pada tahun 1998. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa hasil penjuaian mengalami peningkatan. Dari hasil analisa korelasi dapat diketahui bahwa biaya periklanan dengan hasil penjualan mempunyai hubungan positif yang lemah. Hal ini dapat dilihat dari hasil r = 0,3178483254, yang berarti meskipun terdapat hubungan yang positif antara biaya periklanan dengan hasil penjualan, tetap saja hubungan diantara keduanya lemah. Ini berarti adanya kondisi penjualan yang tidak seperti biasanya, di mana biasanya apabila terjadi peningkatan biaya periklanan maka akan diikuti pula dengan peningkatan hasil penjualan. |