Sebelum suatu perusahaan menetapkan bauran promosi yang akan digunakan oleh perusahaan, maka perlu diketahui terlebih dahulu peranan dari masing-masing bauran promosi, sehingga bauran promosi yang digunakan dapat berjalan dengan baik. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan dua metode riset yaitu riset perpustakaan dan riset lapangan. PT. Dynasti Tour & Travel adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kepariwisataan menyelenggarakan paket-paket wisata serta pengurusan dokumen perjalanan. Untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil penjualannya, perusahaan melakukan kegiatan promosi. Dalam hal ini perusahaan menggunakan periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan publisitas. Tetapi unsur promosi yang sangat diutamakan untuk terus-menerus membujuk dan meyakinkan konsumen mengenai produk perusahaan adalah periklanan dan promosi penjualan. Dari hasil analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan yang erat antara kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan dengan tingkat penjualan. Ini berarti bahwa periklanan dan promosi penjualan yang dirancang dengan baik akan membantu peningkatan penjualan perusahaan. Apabila kegiatan promosi terus ditingkatkan maka volume penjualan akan terus meningkat. Dari hasil survey, dapat dilihat bahwa responden yang melakukan perjalanan wisata adalah dari golongan menengah keatas, dan informasi yang diperoleh responden mengenai agen perjalanan Dynasti Tour & Travel berasal dari periklanan dengan menggunakan berbagai macam media seperti media televisi, majalah dan surat kabar. Oleh karena itu perusahaan harus berusaha meningkatkan strategi promosinya terutama periklanan dan promosi penjualan untuk menunjang kebijakan. Strategi-strategi pemasaran lainnya sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap keberhasilan pemasaran perusahaan. |