Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:30 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Program Pemantapan Penyesuaian Diri dengan Bimbingan dan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT): Model Pendampingan Mahasiswa Baru
Oleh:
Hastuti, Maria Margaretha Sri
;
Sinaga, Juster Donal
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 27 no. 2 (Apr. 2015)
,
page 201-222.
Topik:
prokrastinasi akademik
;
resiliensi
;
kecerdasan emosi
;
penyesuaian diri
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
W77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujaun untuk menguji efektivitas program Pemantapan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru dengan bimbingan dan konseling kelompok Rational emotive behavior therapy (REBT) dalam bentuk eksperimen dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Program Pemantapan Penyesuaian Diri terdiri dari 3 program secara berkesinambungan yaitu prokrastinasi akademik, resiliensi terhadap sterss, dan kecerdasan emosi, Subjek penelitian adalah mahasiswa Angkatan 2013 kelas A Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Tahun Akademik 2013/2014 yang berjumplah 43 orang. Dari total jumlah tersebut, 14-23 orang mengikuti program Pemantapan penyesuaian diri. Empat kuesioner berbentuk skala Likert digunakan dalam penelitian ini: Prokrastinasi (Ferrari, Johnson, McCown, 1995; reliabililitas Cronbach Alpha=.921), Resiliensi terhadap Stress (Reivich & shatte, 2002, reliabilitas Cronbach Alpha= .906), Kecerdasan emosi (Goleman, 1995, reliabilitas Cronbach Alpha= .872), Penyesuaian Diri (Schneiders, 1964, reliabilitas Cronbach Alpha= .919). Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru dengan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk memantapkan penyesuaian diri mahasisawa baru. Uji T dengan teknik Sample Paired Test menghasilkan skor t hitung 2, 553 (df 20), dengan tingkat signifikansi 0, 553 > t tabel 2,086.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)