Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:31 WIB
Detail
ArtikelImproving Students' Awareness and Achievement on English Grammar through the Effective Use of Code-Switching  
Oleh: Refnita, Lely
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Conference on Teaching English as a Foreign Language: The 1st COTEFL International Conference, Muhammadiyah University of Purwokerto, 1-2 May 2009, page 48-57.
Topik: kesadaran; hasil belajar; tatabahasa Inggris; alih-kode
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 CTE 1
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelFenomena sosiolinguistik seperti campur-kode dan alih-kode umum ditemukan pada masyarakat dwibahasa dan anekabahasa, termasuk di sekolah dan di kelas. Secara psikologis dan alamiah, dwibahasawan dan anekabahasawan cenderung mencampur dan/ atau beralih kode untuk mempermudah atau memperjelas isi pesan dalam berkomunikasi verbal. Walaupun interaksi di kelas Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris di FKIP Universitas Bung Hatta, misalnya, idealnya memakai bahasa Inggris, fenomena alih-kode tidak bisa dielakkan (Refnita,2000). Selain itu, Reifnita(2006;2007a,b) juga menemukan bahwa pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa penghantar untuk menjelaskan aspek-aspek tatabahasa bahasa Inggris cukup membantu. Berkenanan dengan itu, dipercayai bahwa penggunaan fenomena alih-kode yang efektif dapat meningkatkan kesadaraan dan pencapaian hasil belajar mahasiswa (juga siswa) akan tatabahasa bahasa Inggris. Makalah ini membahas bagaimana penggunaan alih-kode yang efektif dapat meningkatkan kesadaran dan pencapaian hasil belajar mereka pada tatabahasa bahasa Inggris. Meskipun latar belakang pemanfaatan alih-kode dalam pembelajaran tatabahasa ini adalah perguruan tinggi, pokok-pokok pikiran dan pemakaian praktisnya dapat dimanfaatkan untuk tinggkat sekolah menengah di Indonesia
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)