Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:23 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tiga Tipe Pola Asuh Orangtua dan Penerimaan Diri Siswa SMK Strada III Jakarta Utara
Oleh:
AGUSTINA, LINA
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 12 no. 2 (Oct. 2014)
,
page 135-144.
Topik:
Persepsi Pola Asuh
;
Penerimaan diri
Fulltext:
Lina Agustina.pdf
(176.1KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Persepsi pola asuh ialah pandangan atau kesan individuterhadap pola perilaku yang dilakukan orang tua dari waktu ke waktu dan perilaku tersebut meliputi aktifitas memelihara, melindungi, dan membimbing anak didik. Pola asuh yang diterapkan orang tua memiliki tiga tipe yaitu, pola asuh autoritatif, pola asuh authoritarian, dan pola asuh permisif. penerimaan diri adalah pemahaman dan penerimaan individu terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya, serta potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap pola asuh autoritatif, authoritarian, dan permisif, dengan penerimaan diri siswa/i SMK Strada III. Hasil analisis korelasi pola asuh autoritatif dengan penerimaan diri menunjukan hubungan yang positif dan signifikan (r=0,355). Selanjutnya, variabel persepsi terhadap pola asuh autoritarian dengan penerimaan diri menunjukan hubungan yang negatif dan signifikan (r= -0,.386). Hal itu berarti semakin banyak perlakukan pola asuh autoritarian orang tua maka semakin kecil penerimaan diri individu. hasil yang berbeda dari lingkungan persepsi terhadap pola asuh permisif dengan penerimaan diri menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan (r=-0.209)
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)