Anda belum login :: 30 Nov 2024 11:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Bahasa dan Sastra Jawa: Sebuah Kearifan Lokal dan Sumbangannya Terhadap Upaya Pembinaan Budi Pekerti dan Pendidikan Kepribadian Bangsa di Sekolah-sekolah Daerah (Jawa)
Oleh:
Wurianto, Arif Budi
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Proseding pembinaan dan pengajaran: kongres bahasa Jawa ke-3 2001
,
page 19-30.
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
499.22022 TIM p
Non-tandon:
2 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
tidak ada
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pengaktualisasian pelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah sebagai bagian dari pendidikan humaniora merupakan salah satu peningkatan penggalian kembali nilai dan norma local genius yang dalam pelaksanaannya dapat dipandang sebagai demokratisasi pendidikan di daerah. Pusat dalam kebudayaan Jawa sekarang berupa kristalisasi nilai yang secara egaliter membentuk konsep baru kebudayaan dan manusia Jawa baru. Meskipun demikian nilai dan norma tradisional sebagai kearifan lokal tetap dipertahankan untuk memberi identitas yang spesifik tentang geneologis budaya Jawa yang dilahirkan dari kearifan pemikiran dan pusat kebudayaan yang adilluhung (meskipun tidak/bukan bersifat atau mengunggul-kan le haute culture Jawa masa lalu). Budaya penyeragaman dalam segala aspek dengan dalih nasional perlu ditinjau ulang. Pemaksaan sebuah nilai rasa yang sebetulnya mematikan nilai rasa local genius merupakan suatu pemusnahan peradaban secara perlahan. Hal ini perlu mendapat dukungan politik dan strategi kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah bukanlah benda mati yang dapat dikomersialkan. Kebudayaan daerah adalah asset hidup yang perlu dilestarikan karena masih dilaksanakan sebagai norma hidup masyarakat pemakainya. Dalam Pembinaan Budi Pekerti dan Kepribadian Bangsa melalui kearifan lokal bahasa dan sastra Jawa, di sekolah dapat dilakukan melalui proses belajar mengajar dengan pendekatan tekstual dan pendekatan oralitas. Hal itu, memiliki persamaan dan perbedaan dalam materi, peran guru, metode, suasana, aras belajar, perubahan afeksi, model pengolahan informasi, dan model personal, kelas, serta tujuan akhir pembinaan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)