Bisnis eceran (ritel) saat ini berkembang pesat, hal ini disebabkan karena masyarakat (khususnya Jakarta) sangat menghargai waktu. Itulah sebabnya masyarakat semakin meninggalkan pasar tradisionai dan beralih pada pasar swalayan yang menawarkan kepraktisan dan kenyamanan. Perkembangan ritel di Indonesia semakin marak terutama dengan hadimya peritel asing seperti Carrefour dan Continent. Kehadiran peritel asing membuat persaingan bisnis ritel semakin tajam. Dalam menghadapi persaingan ini, pasar swalayan Diamon harus lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumennya. Untuk itu diperlukan suatu pemahaman mengenai persepsi konsumen, karena melalui pengetahuan tentang persepsi konsumen ini dapat ditentukan hal-hal yang harus diutamakan dalam mengelola pasar swalayan. Penulis telah mengumpulkan data dan melakukan analisa mengenai service quality dari 40 konsumen. Dari penelitian dan analisa tersebut dapat diketahui faktor / atribut apa saja yang sudah sesuai dengan keinginan konsumen dan faktor apa saja yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, maka perusahaan akan berusaha selalu memenuhinya sehingga konsumen yang berbelanja akan senang dan kepuasan konsumen akan tercapai, Kepuasan konsumen merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan, karena dengan begitu perusahaan dapat menghadapi persaingan yang ada. |