Dewasa ini berbagai perusahaan semakin dituntut untuk bersaing dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, yang ternyata terus berkembang dan mengalami perubahan. Untuk itu maka perusahaan hendaknya memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan produk (barang atau jasa) dan pemasarannya. Pemasaran merupakan faktor yang penting dalam suatu perusahaan, sehingga umumnya suatu perusahaan hanya dapat bertahan jika mampu memasarkan produk-produk yang dihasilkannya Salah satu aspek pemasaran yang secarakhusus dibahas di sini adalah promosi, yaitu dalam kaitannya dengan kegiatan penjualan SARINAH Thamrin Department Store. Untuk meningkatkan tingkat penjualannya, SARINAH Thamrin Department Store menerapkan strategi promosi, yaitu strategi pendorong dan strategi penarik Strategi pendorong bertujuan mempengaruhi pengunjung SARINAH Thamrin Department Store untuk melakukan pembelian. Sedangkan strategi penarik bertujuan mempengaruhi masyarakat untuk berkunjung ke SARINAH Thamrin Department Store. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan yang erat dan positif antara biaya promosi dengan hasil penjualan, di mana terlihat koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,98824051 atau hamper mencapai 99%. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinan (rd) yaitu sebesar 0,976679306 diketahui bahwa 97,67% dari hasil penjualan SARINAH Thamrin Department Store dipengamhi oleh kegiatan promosi. |