Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:51 WIB
Detail
BukuAnalisa Peranan Pemandu Opini dalam Pembelian Produk Sanitari Wanita: Sebuah Studi Kasus pada Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Bibliografi
Author: Salib, Saroyini Wuryan Rahayu (Advisor); Pohan, Daniel St
Topik: CONSUMER BEHAVIOR; Pemandu Opini; Promosi; Pembelian
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1999    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Daniel ST Pohan's Undergraduate Theses.pdf (3.29MB; 4 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-3499
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam situasi krisis ekonomi seperti sekarang, biaya untuk promosi produk sanitari wanita menjadi amat besar. Agar biaya promosi ini bisa ditekan maka produsen harus mencari cara promosi yang efektif. Mempersempit cakupan promosi kepada para opinion leader adalah salah satu cara untuk mengefektifkan promosi para produsen. Hai ini disebabkan karena sifat pemandu opinl (opinion feeder) itu yang seperti "corong" dalam penyebaran informasi kepada para konsumen lainnya. Untuk studi perilaku konsumen ini penulis menggunakan metode stratified random sampling untuk mengambil sampel. Sedangkan untuk pengolahan data penulis menggunakan tiga metode yaitu analisa anova satu arah, analisa persentase dan analisa proporsi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan ternyata pada pemakaian pertama para konsumen amat dipengaruhi oleh pemandu opini dalam membeli produk sanitar wanita. Para pemandu opini pada tahap ini kebanyakan adalah tokoh ibu. Seiring dengan bertambahnya pengetahuan para konsumen, maka pada pemakaian pasca pemakaiaan pertama pengaruh pemandu opini tidak iagi menjadi terlalu dominan. Pergeseran tokoh pemandu opini juga terjadi. Tokoh ibu bukan menjadi satu-satunya pemandu opini para konsumen. Kesimpulan yang bias ditarik dari penelitian opinion leader ini adalah bahwa para pemandu opini amat berperan pada kala pembelian pertama. Hal ini disebabkan karena para konsumen belum mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Namun karena konsumen mempunyai kemampuan untuk belajar maka pada pembelian pasca pembelian pertama mereka sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Hal ini yang menyebabkan peranan para pemandu opini tidak lagi terlalu dominan. Walaupun begitu produsen masih bisa memakai para pemandu opini ini menjadi sasaran iklan dan promosi mereka.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)