Untuk mencapai tujuan perusahaan sekaligus meningkatkan penjualan produk maka perusahan menggunakan elemen bauran pemasaran (Marketing mix) yang terdiri dari product, price, promotion, place akan tetapi penulis hanya menitik beratkan pada masalah place atau tempat atau yang lebih dikenal dengan distribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentak saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan sehingga dapat mempengaruhi tingkat penjualan, perusahaan mengunakan saluran tiga tingkat. Dari perhitungan koefisien korelasi dapat dinyatakan bahwa hubungan antara kegiatan distribusi yang dilaksanakan oleli perusahaan baik dalam penerimaan penjualan (rupiah) maupun tingkat penjualan (unit) adalah kuat dan positif dengan memperoleh angka 0,9834 ini berarti dengan meningkatnya kegiatan distribusi maka akan mempengaruhi tingkat penjualan. Untuk merealisasikan program ini, maka penulis menyarankan perusahaan menbentuk: bagian bagian perencanaan hubungan penyalur (Distribution Relation Planing) yang mengidentifikasikan kebutuhan penyalur dan menibina program perdagangan untuk membantu setiap penyalur dapat beroperasi seoptimal mungkin. |